Senin, 01 Juni 2015

TIPS MEMILIH SESERAHAN



Seserahan

Seserahan merupakan tradisi dalam rangkaian pernikahan di Indonesia yang diberikan pihak mempelai pria sebagai wujud tanggungjawab kepada pihak perempuan. Tidak harus jumlah banyak seserahan yang diberikan yang terpenting sesuai dengan kebutuhan yang bermanfaat untuk calon mempelai perempuan. Begitu juga jumlah kotak tidak wajib ganjil. Setiap keluarga akan memiliki tradisi tersendiri mengenai seserahan. Proses seserahan tergantung kesepakatan keluarga kedua mempelai, seperti : 
  • Ada hantaran seserahan diberikan 1 bulan hingga 6 bulan sebelum pernikahan.  
  • Ada hantaran seserahan diberikan saat pernikahan berlangsung.
  • Ada hantaran seserahan diberikan 1 bulan hingga 6 bulan sebelum pernikahan kemudian saat pernikahan ada lagi hantaran yang dibawa.
  •  Ada sebagian diikat terlebih dahulu (tunangan) dengan membawa seserahan, kemudian hantaran (menyerahkan uang kasih sayang sambil membawa hantaran lagi), lalu pernikahan dengan membawa mahar. 

Berikut ini jenis seserahan (tergantung barang yang dibutuhkan pihak mempelai perempuan, bila tidak dibutuhkan/ hanya yang diinginkan saja diharap jangan dibeli) :

1. Perlengkapan Ibadah : Mukena, Sajadah, bisa juga ditambah tasbih atau al-Qur’an atau sarung.
2. Perlengkapan Pesta : Kebaya, kain / songket, tas pesta, sepatu pesta. Bisa juga diganti dengan gaun / gamis, jilbab.
3. Perawatan Tubuh dan Make-Up : Semua perangkat perawatan tubuh yang bisa digunakan oleh mempelai wanita. (Jangan berlebihan).

4. Perlengkapan Mandi / pakaian dalam :
handuk, pakaian dalam, baju tidur / lingeri.
Perhiasan bisa berupa cincin, kalung, liontin atau bahkan gelang untuk mempelai wanita.
5. Perlengkapan Kamar Tidur : Sprai, bedcover

6. Perlengkapan Kantor : Baju, sepatu, tas, jam tangan, jilbab.

7. Perlengkapan lainnya yang dianggap penting. Seperti penambahan buku-buku
mengenai pernikahan, menjadi keluarga sakinah, menjadi istri sholehah atau suami sholeh untuk menambah pengetahuan membina keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Atau penambahan peralatan masak seperti celemek + buku memasak yang simpel dan keren (resep buat jus segar, resep buat cemilan sehat dll) + teflon mungil bentuk love/bunga untuk dadar telur. Atau penambahan aksesoris.


Tips memilih barang-barang hantaran seserahan
Biar gak bingung memilih barang-barang hantaran seserahan, yukks ikuti tips berikut ini :
1.      Buat List Barang
Buatlah list barang-barang yang Anda perlukan supaya saat hunting Anda lebih fokus mencari barang yang sesuai dengan daftar keperluan Anda, sehingga saat hunting Anda gak nyasar dari kebutuhan tersebut. Kemudian sesuaikan dengan budget yang telah Anda perkirakan untuk barang-barang seserahan.

2. Sesuaikan dengan budget
Meski momen hantaran seserahan lamaran/pernikahan itu penting, bukan berarti Anda menjadi tergoda untuk membeli banyak barang atau membeli barang-barang yang  mahal / mewah, supaya kotaknya terlihat lebih banyak serta menarik. Tapi pilih barang-barang hantaran yang memang diperlukan untuk acara seserahan tersebut biar tidak mubazir. Karena mubazir itu saudaranya setan lho …..

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا
Artinya : ” Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudaranya setan dan sesungguhnya setan itu sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS Al Isra : 27)

3. Pilih Barang Terpakai
Hendaklah barang-barang seserahan lamaran / pernikahan itu bisa Anda pakai. Jangan tergiur dengan barang yang terlihat elegan dan bagus.

4. Sediakan Waktu
Jangan buru-buru membeli barang-barang seserahan, sediakan waktu luang untuk memilih barang-barang. Perhatikan pusat perbelanjaan yang gelar diskon untuk perlengkapan mandi, make up atau lainya. Jadi alternatif Anda untuk mengurangi budget


5. Kemas yang Menarik
Setelah semua barang sudah lengkap, jangan lupa hubungi Rumah Yuni Kreatif  ya …..
In Shaa Allah Rumah Yuni Kreatif akan mengemas hantaran menjadi lebih menarik dan berkesan untuk momen terpenting dalam perjalanan hidup Anda … :):):)


1 komentar: